Saya ingin mapan diumur 27 tahun





Anda berumur 30,rumah belum punya, tabungan belum banyak. Sementara kebutuhan makin hari makin tinggi...hemmm bingung? Ya iyalah..hehe ,,,sabar..umur 30 belum telat kok,selama masih ada usaha dan selalu berdoa. Tapi pembahasan kali ini khusus kaum adam,karena kalau perempuan tidak harus mapan secara finansial,karena perempuan tidak memiliki tanggungjawab sebagai kepala rumah tangga. Biasanya perempuan hanya mempersiapkan pendidikan dan mentalnya untuk menikah.


Tapi kalau anda masih berumur 20-24 tahun anda masih punya banyak peluang untuk meraih kemapanan di umur 27 tahun. Mengapa patokannya di umur 27? Ga 25 aja atau 29 aja?   Kalau umur 25 biasanya dia baru mulai memikirkan secara matang bagaimana dia harus menjadi laki-laki sejati yang bertanggungjawab pada keluarganya. Sementara kalau harus mapan diumur 29 mungkin sudah lewat batas karena sudah mau kepala 3.


Arti mapan yang saya maksud disini bukan berarti harus punya rumah yang mewah,mobil,ataupun punya emas batangan yang banyak. Namun arti mapan yang saya maksud adalah bisa mandiri secara finansial maupun secara mental.Memiliki rumah yang sederhana ,kendaraan,dan punya sedikit tabungan itu bisa dikatakan sudah mapan.


Jadi anda tidak harus bercita-cita punya rumah yang mewah dulu. Yang terpenting kita bisa mandiri,tidak menjadi tanggungan orangtua kita. Jadi kalau anda belum berumur 27, anda mulai sekarang harus merencanakan secara matang. Buatlah target sesuai kemampuan anda, entah itu target bikin rumah dulu,nikah dulu,atau kebutuhan lain yang menurut anda penting.kalau  pendapatan anda dirasa kurang  ,anda bisa memperoleh pendapatan sampingan,atau memulai untuk usaha sampingan. Misal saja ,buka toko online,atau dagang dipasar kaget.


Online shop sekarang sudah menjamur di Indonesia, tentu ini peluang baik buat anda yang ingin memiliki uang tambahan. Selain olshop tentu masih ada sampingan lain ,pilih yang menurut anda tidak menghabiskan banyak waktu karena ini tentu akan mengganggu pekerjaan utama anda.


Perencanaan yang matang akan mendapat hasil yang maksimal. Itu adalah rumus untuk sukses. Sedikit tips dari saya,kalau mau cepat terkumpul uang anda, hilangkan rasa ingin anda  terhadap barang yang sekiranya tidak diperlukan . Bijaklah dalam mengatur keuangan anda.


Intinya hanya satu,kita harus pandai mengatur waktu dan melihat setiap peluang bisnis  yang ada.  Misal kalau lagi buming batu akik, kita manfaatkan untuk berjualan batu akik. Setiap peluang itu bisnis, dan setiap peluang itu gak  akan ada kesempatan kedua  kali.


Semoga artikel ini bisa membuat anda termotivasi untuk bisa sukses dan bisa mapan di umur 27 tahun, atau bisa lebih cepat.


Aamiin.....


Subscribe to receive free email updates: