Mengenal Sate Yang ada di Indonesia

Siapa yang suka sate? Hayuuu pasti banyak yang suka yah.Iya sate merupakan masakan khas Indonesia.Sate favorit anda apa? Masing- masing daerah di Indonesia memiliki ragam yang banyak variasinya,mari simak saja yang dibawah ini.

Macam-macam sate yang ada di Indonesia:


1.Sate Madura

Sate madura sudah terkenal diberbagai tempat,tidak hanya di Madura tapi sudah banyak juga dikota2 besar seperti Jakarta.Sate madura memiliki ciri khas yaitu dengan menggunakan bumbu kacang.Dalam proses pembakarannya yaitu dengan mencampur terlebih dahulu bumbu kacang dan kecapnya disatenya lalu di panggang.Setelah matang sate dicampur bumbu kacang lagi.Biasanya sate madura ada 2 varian yaitu sate ayam dan kambing.


2.Sate padang

Sate padang berasal dari kota padang sumatera barat.Sate jenis ini pun sudah menyebar di kota2 besar.Sate padang sedikit berbeda dengan sate madura ,sate padang dagingnya tidak terlalu matang bumbunya pun berbeda.Walau sama2 bumbu kacang sate padang lebih encer hampir seperti kuah.Baunya pun khas padang.Biasanya sate padang menggunakan daging ayam.



3.Sate Maranggi

Sate maranggi adalah sate khas Purwakarta umumnya masyarakat Jawa barat.Sate maranggi menggunakan daging sapi.Di Purwakarta ada tempat makan sate yang selalu ramai tiap harinya,tempat itu bernama Sate Maranggi Cibungur.Tempat ini sudah berdiri sejak lama dan pemiliknya sudah dikelola oleh keturunannya.Sate marannggi ini menggunakan bumbu kecap.


4.Sate Ayam Kebumen(khas Ambal)

Sate khas Ambal adalah sate yang berasal dari kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen.Sate Ambal memiliki ciri khas pada bumbunya.Bumbu sate Ambal ini bahan dasarnya adalah kacang tanah dan tempe.Ya tempe yang menjadi ciri khasnya.Sate Ambal memang belum terkenal seperti sate madura ,namun rasanya bisa bersaing kok..hehe


6.Sate Klatak (khas Jogjakarta)

Sate jenis ini sama dengan sate jenis lainnya.Yang menjadi ciri khasnya yaitu pada tusuk satenya.Sate klatak menggunakan jari-jari sepeda(ruji) sebagai tusuknya.Karena saat dipanggang berbunyi "klatak -klatak ,jadilah nama sate tersebut sate klatak.


5.Sate Kelinci


Sate kelinci jarang ditemukan,biasanya sate ini dikonsumsi para lelaki untuk vitalitas.Saya sendiri belum pernah mencoba jenis sate ini..hehe.

Itulah macam-macam sate yang ada di Indonesia.Semoga bisa menjadi referensi tujuan kuliner anda.Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Sate Yang ada di Indonesia"

Post a Comment

Komentarlah yang sopan sesuai isi artikel
No spam