Mengenal tradisi orang ngapak( ORA NGAPAK ORA KEPENAK)

ORA NGAPAK ORA KEPENAK
Itulah slogan orang2 ngapak yg sering disuarakan oleh mereka.Arti dari kata tersebut adalah "TIDAK BICARA NGAPAK TIDAK ENAK" .Ngapak bisa diartikan sebagai bahasa yang kasar yang paling dasar dari bahasa jawa.


Bahasa jawa sendiri juga ada tingkatannya dari jawa ngapak,jawa sedang,dan jawa halus.Wilayah yang pakai bahasa ngapak sendiri meliputi beberapa kabupaten seperti kebumen,cilacap,banyumas,tegal,brebes,dan pemalang.


Dari ke-6 kabupaten tersebut juga masih ada perbedaan sedikit kosakata.berikut saya kasih beberapa contoh kosakata ngapak ke indonesia.Ini bahasa ngapak di tempat saya(kebumen):


~enyong =saya,aku
~rika/koe=kamu,anda
~nglabruk=jatuh
~ngecibrit=lari terbirit-birit
~ora gelem=tidak mau
~banter=cepat
~mbuh=tidak mau tau


Itulah beberapa contoh bahasa ngapak dari kebumen.Masing -masing daerah juga memiliki bahasa yang berbeda beda.Itulah yang akan memperkaya ragam diim indonesia.Saya bangga jadi orang ngapak ,orang yang medok..



Pokoke ORA NGAPAK ORA KEPENAK

salam kat enyong wong ngapak..hehe..salam satu indonesia

Subscribe to receive free email updates: