Dialog iblis dengan Rosulullah SAW

                                     
  https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjRyykRuVOcrN6McaDIIDZXbgukytznGT47PHA5d-qRx4gUe-MnAy3yRU0xfuxCYKcbFHIt4-qXKpW-CaRMVDD5IoUVfaGnaCf3UPjci0eiKDudxcB_T_riSsrQphPXSnZDx7FzFqHaRN0/s1600/yusuf.jpg
Allah SWT telah memerintahkan seorang malaikat menemui iblis supaya dia menghadap rasulullah SAW untuk memberitahu segala rahasianya,baik yang disukai maupun yang dibencinya.Hikmatnya ialah untuk meninngikan derajat nabi Muhammad SAW dan untuk peringatan kepada umat manusia.Malaikatpun berjumpa dengan iblis , " hai iblis!!! hendaklah engkau buka seluruh rahasiamu terhadap rasulullah SAW atas perintah allah SWT,jika engkau berdusta maka akan kupotong badanmu dan kusiksa engkau.



Mendengar ucapan malaikat iblis pun ketakutan,maka segeralah dia menghadap rosulullah dengan menyamar sebagai kakek tua.Kemudian iblis memberi salam 3kali namun tidak dijawab juda oleh nabi. Ya Rosulullah ! mengapa engkau tak menjawab salmku, bukankah salam itu wajib dijawab.Maka dijawab oleh rosul, hai seteru allah!janganlah kau menipuku sebagaimana engkau menipu nabi adam a.s sehingga ia dikeluarkan dari surga, apa kehendakmu menemuiku?Ya nabi allah!janganlah engkau marah,kedatanganku adlah perintah dari allah untuk menemuimu untuk memberi tahu segala tipu dayaku kepada umatmu dan umat zaman nabi adam sampai umat ahir zaman.Setiap yang engkau tanya pasti aku jawab tanpa menyembunyikan sedikitpun kepadamu ya nabi allah!.



kemudian iblis bersumpah , dengan menyebut nama Allah SWT kalau aku berbohong maka hancurlah badanku ini ya rosul.Mendengar sumpah iblis tersebut, nabi pun memanfaatkan peluang ini,kemudian nabi bertanya:



  hai iblis ! siapakah musuh terbesarmu?

iblis menjawab: musuh terbesarku adalah engkau wahai nabi,iblis pun menjawab sambil ketakutan.



  hai iblis! bagaimana perbuatanmu terhadap makhluk allah?

iblis menjawab:  aku akan setiap saat menggoda manusia,hingga ia hancur akalnya,hancur moralnya.



hai iblis !apakah yang engkau pertama tipu dari manusia?

iblis menjawab:  yang pertama aku palingkan adalah nitnya/imannya sehingga ia kafir juga perbuatannya.



jika umatku sholat karena allah,bagaimana keadaanmu?

iblis menjawab: itu adalah sebesar-besar kesusahan bagiku,tubuhku gemetar,lemah tulang sendiku , maka akan aku kerahkan berpuluh-puluh pasukanku.



jika umatku membaca qur'an karena allah ,bagaimana keadaanmu?

iblis menjawab: maka akan terbakarlah tubuhku,putus urat ku dan aku lari daripadanya.



jika umatku berpuasa karena allah bagaimana keadaanmu?

iblis menjawab; inilah bencana terbesar bagiku,saat puasa bulan ramadhan para malaikat  akan menangkapku dan seluruh jin dan setan, kami dipasung dengan besi panas,kami akan diazab dengan pedih.Setelah habis puasalah aku akan dilepaskan.



siapa yang serupa dengan engkau?

iblis menjawab: orang yang meringankan syariatmu dan membenci islam.



apa rahasiamu kepada umatku?

iblis menjawab: jika seorang yang buang air tapi tidak membaca doa pelindung syetan maka aku akan menggosokka kotorannya sendiri ketubuhnya.



apakah yang bisa memecahkan mata engkau?

iblis menjawab: orang yang duduk iktikaf dimasjid



  apa yang bisa menolak tipu dayamu?

iblis menjawab: orang yang bertaubat dan orang yang menjaga wudhunya.



itulah rahasia iblis yang telah diberitahukan kepada rosulullah SAW,hendaknya kita bisa mengambil pelajaran darinya.

semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates: