RAGAM MASAKAN OLAHAN SINGKONG



    Singkong merupakan bahan makanan yg mengandung karbohidrat tinggi. Dibeberapa daerah di indonesia singkong bisa menjadi bahan makanan pokok mereka. Singkong pun sangat mudah diolah menjadi beberapa olahan makanan yg enak dan sering dijumpai masyarakat indonesia pada umumnya. Nah berikut saya paparkan ragam jenis olahan/makanan dari singkong:



     1. Kolak singkong                                          
Kolak singkong ini biasanya juga dicampur dengan bahan makanan          lainnya seperti pisang,mutiara,dll.


     2.Tepung tapioka                                        
 Tepung tapioka atau kanji merupakan hasil olahan dari singkong. Tepung tapioka diambil dari saripati singkong yg diparut lalu diperas,nah air hasil perasan tsb dijemur hingga menjadi tepung. 


  3.Gethuk                                                          
     Gethuk merupakan makanan khas jawa tengah.Gethuk ini terbuat dari singkong,cara membuatnya yaitu dengan mengukus singkong hingga matang lalu ditumbuk hingga lembut dan lengket atau sampai benar benar halus hingga singkong bisa padat dan dibentuk.Biasanya ditambahkan gula atau garam untuk mendapat rasa manis dan asin.Gethuk sendiri ada 2 jenis yaitu gethuk lindri dan gethuk biasa.



   4.Combro                                                    
    Combro adalah jenis masakan yg terbuat dari singkong dengan cara memarut singkong kemudian dikasih isian berupa sambal tempe.                      


  5.Intil/oyek                                                    
    Intil/oyek sebenarnya berbeda,yg membedakan adalah bentuknya,kalau oyek agak besar sedangkan intil lebih kecil seperti butiran beras.Oyek /intil dibuat dengan cara mengupas singkong dan potong kecil 2,lalu jemur hingga kering kemudian dikukus hingga matang.Biasanya dicampur dengan parutan kelapa agar lebih gurih.                 


   6.Singkong keju                                            
     Singkong keju termasuk varian makanan baru.Cara membuatnya dengan mengukus singkong lalu goreng kemudian kasih parutan keju.                    

      7.Grontol singkong                                        
   Cara membuat grontol singkong cukup mudah yaitu dengan mengukusnya lalu potong kecil2,campur dengan parutan kelapa dan garam.



     Itulah beberapa ragam olahan dari singkong.Singkong jaman dulu bisa menggantikan beras saat musim paceklik.Tapi kalau era sekarang sudah jarang,kecuali masyarakat pedalaman.Semoga paparan tadi bisa menjadi referensi memasak anda.

Subscribe to receive free email updates: