MENGUBAH SAMPAH MENJADI EMAS

 
Semua aktivitas manusia sehari-harinya hampir selalu menimbulkan sampah,baik sampah rumah tangga maupun sampah industri pabrik.Di jakarta sendiri sampah menjadi masalah yang cukup serius.Kebiasaan buruk membuang sampah kesungai merupakan salah satu penyebabnya.Kesadaran warganya pun belum mampu ditumbuhkan maksimal.


    Lantas apa yang dilakukan pemerintah?pemerintah pun sudah berupaya semaksimal mungkin dengan cara mendaur ulang sampah plastik dengan mengambilnya dari sungai menggunakan alat berat.Sampai pemerintah jakarta dan bandung membuat peraturan serius mengenai hal ini yaitu dengan membuat sanksi denda Rp.500.000,00  bagi siapa saja saja yang membuang sampah disungai.


  Nah kita pun wajib membantu pemerintah dalam menangani masalah sampah.Tidak hanya jakarta dan bandung namun sampah yang tidak terkontrol juga menjadi masalah global.Sampah itu ga boleh dibakar karna itu akan menyebabkan global warming.Sampah plastik akan terurai sekitar 100 tahun lamanya.Itu artinya kita harus berhemat dlam penggunaan plastik.

    Baru-baru ini toko retail modern seperti alfamart dan indomaret melakukan wajib bayar 200 rupiah perkantong.Upaya tersebut adalah salah satu cara mengurangi sampah plastik.Terus gimana mengubah sampah menjadi EMAS?


   Emas disini diartikan sebagai barang yang bermanfaat.Contoh kecil kita pun bisa melakukannya.Misal saja :


   ~Dengan memanfaatkan botol -botol bekas lalu dibuat berbagai macam kerajinan.Ini akan mendatangkan rupiah dan botol tersebut masih bisa dipakai.Disinilah yang dimaksud menjadi emas.

  ~Membuat pupuk kompos dari daun kering.Daun yang biasanya kita bakar bisa saja diolah menjadi pupuk kompos.Hal ini juga bisa mendatangkan rupiah.

  ~Sampah elektronik pun bisa anda manfaatkan.Biasanya sampah 2 elektronik masih ada bagian yang belum rusak.Anda bisa mengambilnya dan merakit kembali.


  Itulah beberapa contoh pemanfaatan sampah.Kita untung dunia bersih .Mulia bukan? Semoga contoh2 tadi menginspirasi anda.

Subscribe to receive free email updates: