REVOLUSI BECAK TRADISIONAL Ke BECAK MOTOR Di KEBUMEN

Zaman makin canggih,manusia selalu berpikir bagaimana agar hidupnya lebih mudah. Teknologi yang ada merupakan hasil dari kemajuan manusia dalam berpikir. Baru-baru ini pun ada revolusi kendaraan yang dulunya gak pakai mesin berubah jadi menggunakan mesin. Apakah kendaraan tersebut?



 Kendaraan itu adalah becak.Di tempat saya becak telah berevolusi dengan dipasang mesin ,supaya kerja para tukang becak jauh lebih ringan. Becak sendiri dulunya berasal dari china. Bentuk becak yang pertama kali berbeda jauh dengan becak sekarang. Dulu becak-becak dichina posisi penumpang ada di belakang,yaitu dengan cara menariknya seperti gerobak. Rodanya pun belum pakai ban melainkan memakai kayu. Sangat berbeda dengan becak sekarang ,penumpang berada di depan pengemudi dan bannya sudah pakai ban karet berisi angin.


 Nah sejak kapan sih ada becak motor dikebumen?siapa yang memulainya?  Untuk siapa saja yang memulainya belum tahu pasti siapa orangnya.Namun becak mesin mulai ramai di kebumen sekitar tahun 2008-2009. Memang sampai sekarang pun masih ada yang bertahan dengan becak tradisionalnya,yaitu masih dengan di ontel. Ada alasan tersendiri mereka tidak mau berevolusi ke becak mesin,ada yang ingin tetap menjaga ketradionalannya ada juga yang tidak punya dana untuk mengubahnya ke becak mesin. Biayanya sendiri sekitar 2-3juta untuk memodifnya.


  Becak mesin sendiri ada dua macam. Ysitu dengan mesin diesel(biasanya untuk mesin penggilingan beras), kemudian ada juga yang memakai bagian belakang sepeda motor. Biasanya sepeda motor akan dihilangkan bagian stang dan roda depannya,kemudian disambungkan ke bagian belakang becak. Tentunya bentuk becak mesin pun berbeda beda,tergantung si pemiliknya.


 Namun hampir 80% becak dikebumen sudah menggunakan mesin. Tapi kadang penumpang memilih becak ontel untuk nostalgia dan sedikit lebih santai.Zaman memang terus maju,tak ada pilihan manusia kecuali mengikutinya. Namun tetap bijaklah dalam menggunakan teknologi yah...


Terima kasih mau berkunjung ke blog saya...salam sukses....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "REVOLUSI BECAK TRADISIONAL Ke BECAK MOTOR Di KEBUMEN"

Post a Comment

Komentarlah yang sopan sesuai isi artikel
No spam