GOLONGAN ORANG YANG TERHINDAR DARI FITNAH DAN AZAB KUBUR


Fitnah dan azab kubur merupakan keadaan yang sangat mengerikan,sehingga Rasulullah SAW memohon perlindungan dari hal itu baik dalam sholat maupun di luar sholat.Beliau pun sangat menganjurkan kepada umatnya untuk memohon perlindungan kepada ALLAH SWT dari segala fitnah dan azab kubur.


  Dari fir'aun beserta kaumnya dikepung oleh azab yang amat buruk.Kepada mereka dinampakkan pagi dan petang,dan pada hari terjadinya hari kiamat.(Dikatakan krpada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras". (QS.Al Mu'min:45-46).


  Lalu siapa saja yah orang-orang yang masuk golongan yang terhindar dari fitnah dan azab kubur? Berikut mereka diantaranya:

 1.Orang yang mati syahid

An-Nasal meriwayatkan dalam sunan-nya bahwa seorang lelaki bertanya kepada Rosulullah Saw ,Ya Rosullah mengapa kaum mukmin diuji dalam kubur kecuali yang mati syahid? Beliau menjawab, cukuplah baginya ujian kalian pedang diatas kepalanya.


2.Orang yang gugur ketika bertugas sebagai prajurit di jalan ALLAH SWT

 Fadhalah ibn ubaid meriwayatkan dari Rosulullah SAW,bahwa beliau bersabda,Setiap yang gugur akan selesai amalnya kecuali yang meninggal ketika bertugas dijalan Allah SWT.Amalnya terus tumbuh sampai hari kiamat ia akan aman dari fitnah kubur.(HR.Tirmidzi dan Abu daud).


3.Orang yang meninggal di hari Jum'at

Dalam hadist Abdullah ibn Amru,Rosulullah Saw bersabda,Setiap muslim yang meninggal pada hari Jum'at akan dijaga oleh Allah dari fitnah kubur.(HR.Ahmad dan Tirmidzi).


4.Orang yang meninggal karena sakit perut


  Abdullah ibn Yasar berkata,Aku pernah duduk bersama Sulaiman ibn Shard dan Khalid ibn Uraftah,mereka menceritakan bahwa ada seorang lelaki yang meninggal karena sakit perut.Keduanya ingin menyaksikan jenazahnya,salah satu mengatakan bukankah Rosulullah Saw bersabda orang yang meninggak karena sakit perut tidak akan diazab di alam kubur.(HR.An-Nasal dan Tirmidzi).


Betapa banyak orang sehat mati tanpa sakit,dunia tidak lain laksana bayangan lalu lenyap tak berbekas.Setiap hari maut menebar kafan,sementara kita lalai akan kewajiban.Mari kita sama-sama bertaobat sebelum mati menghampiri....

Semoga kita terhindar dari fitnah dan azab kubur.Aamiin Ya Robbal Alamin.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GOLONGAN ORANG YANG TERHINDAR DARI FITNAH DAN AZAB KUBUR"

Post a Comment

Komentarlah yang sopan sesuai isi artikel
No spam