MERANTAU JANGAN LAMA-LAMA !!! BANGUNLAH KAMPUNGMU !!!


Dari dulu hingga sekarang memang sudah ngetren istilah merantau.Tak ada larangan atau aturan khusus berapa lama anda harus ditanah rantau.Merantau memang dianjurkan islam karena dengan merantau engkau akan mendapat ilmu baru,menambah ssudara,mengenal tradisi tansh orang,dan masih banyak lagi yang engkau dapatkan manfaat dari merantau.Dengan merantau engkau tau arti hidup,arti rindu pada keluarga,tau bagaimana susahnya mencari uang.


  Baca sampai bawah yah..hehe menarik loh untuk sharing dan diskusi.


  Yah memang banyak sekali keuntungannya daripada engkau diam diri dikampung. Tapi tunggu, aps sih yang engkau harapkan dari merantau?  Untuk membantu ekonomi keluarga karena dikampung gajinya kecil?


Macam-macam alasan yang mereka kemukakan. Biasanya merantau ada 2 macam ,pertama merantau untuk mencari uang, dan kedua untuk mencari ilmu/kuliah. Saya sendiri merantau untuk mencari uang,itu memang tujuan utama tapi seiiring jalan ilmu kehidupan pun sedikit demi sedikit terserap.


  Untuk yang kedua merantau untuk mencari ilmu/kuliah,saya sendiri belum pengalaman untuk hal ini.Menurut saya kuliah jauh dari kampung juga memberikan pelajaran berharga."Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china".   Itulah kata yang sering terucap.Mengapa sih harus  negeri china? Mengapa bukan amerika? Emm china itu merupakan tempat yang baik untuk menuntut ilmu,orang china itu ulet,lihatlah ilmu dagang mereka,rata2 pedagang emas adalah orang -orang china. Bank terbesar pun di china,pusat ekonomi,apalagi obat-obatan,obat china sudah terkenal seluruh dunia yang paling mujarab.


  Terus ko ga boleh merantau lama-lama sih??? Kalau merantau lama kenapa sih?salah??  Mungkin wajar yang bertanya seperti ini.. Gak ada aturan ko berapa lama anda harus merantau,ga ada undang-undangnya juga ko..hehe ..tenang yah jangan panik. Cobalah berfikir lagi ,anda asalnya darimana dan tujuan merantau anda apa? Cari uang terus ?kota besar itu sudah padat brooo apalagi jakarta,bekasi,bandung. Penuh broo,ayo jangan egois berpikirlah kalau semua pemuda kampung merantau???  Kapan kampung kita akan maju?yang menggerakan bangsa dan negara sebagian besar adalah pemudanya. Jika anda sudah merasa cukup pengalaman untuk merantau kembalilah ke kampung anda, mereka membutuhkan anda.


Kepadatan penduduk kota itu sudah luar biasa,anda jangan menambahnya lagi. Pulanglah dan bangunlah desamu,jadilah pelopor bagi orang lain. Pulanglah agar SDM yang berkualitas itu merata disemua wilayah. Saya sangat yakin kalau pemuda berfikir untuk tetap merantau negara akan sulit maju. Karena negara maju itu negara yang mandiri. Bangunlah lapangan pekerjaan dikampung dengan modal yang anda miliki.



  "Berikan aku sepuluh pemuda maka akan kuguncang dunia"  itu adalah kata-kata dari Presiden pertama kita Ir.Soekarno. Kata yang sangat menginspirasi ,ayo kita wujudkan dalam kenyataan .Tunjukan bahwa kita mampu berprestasi. Kampung kita memerlukan pemuda yang mandiri untuk memajukan negara ini.



 Buat apa sukses ditanah orang,tapi kampung kita masih miskin!!! Sukses dikampung jauh lebih baik untuk memajukan negara ini.  Yaaa,ayo "BALI NDESO BANGUN NDESO"....

Terimakasih teman-teman yang telah membaca artikel ini ,semoga bermanfaat.  Aamiin..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MERANTAU JANGAN LAMA-LAMA !!! BANGUNLAH KAMPUNGMU !!!"

Post a Comment

Komentarlah yang sopan sesuai isi artikel
No spam